Tips Networking di Coworking Space

17 January 2020 | By immadm | Coworking

Networking adalah satu alasan mengapa bisnis dapat berkembang dengan cepat. Untuk melakukan networking, tentunya Anda perlu berkunjung ke suatu tempat di mana orang-orang seperti Anda berkumpul.

Memang banyak acara networking bersifat ekslusif atau pesertanya berupa orang-orang yang sudah lama sekali berbisnis dalam industri tertentu. Jika Anda merasa bingung harus ke mana untuk membangun jaringan Anda, jangan khawatir.

Coworking space adalah pusatnya orang-orang kreatif yang bekerja keras untuk meraih tujuan yang sama seperti Anda.

Unity in Diversity

Memiliki jaringan dalam industri atau niche persis dengan Anda memang penting, tapi sama pentingnya adalah memiliki kenalan dari berbagai latar belakang dan profesi.

Coworking space sering mengadakan acara networking yang terbuka. Jika perusahaan Anda membutuhkan seseorang yang ahli di bidang IT, Anda bisa berkunjung ke salah satu acara yang didatangi oleh orang-orang seperti programmer freelance (pekerja lepas), pendiri usaha IT, dan lain-lain.

Business Networking
Coworkers Networking

Tanya kepada kenalan yang sudah ada

Anda tidak perlu memaksa diri untuk menjadi sosok ekstrovert jika Anda merasa tidak memiliki tipe kepribadian itu. Jika berkenalan dengan sepuluh orang dalam sehari akan sangat melelahkan bagi Anda, ingat bahwa hanya satu orang saja dapat membuka jalan bagi Anda.

Ada kemungkinan besar bahwa mereka yang sudah mengenal Anda dapat merekomendasikan seseorang kepada Anda. Oleh karena ini, tips selanjutnya sangat penting.

Kualitas lebih penting daripada kuantitas

Seseorang yang baru mencoba memperluas jaringan akan melakukan beberapa kesalahan. Networking tidak seperti kencan kilat. Anda tidak usah buru-buru untuk mengenal orang sebanyak-banyaknya, baik untuk mencari pelanggan maupun partner.

Ingatlah bahwa satu orang saja berpotensi membantu bisnis Anda untuk berkembang. Kalau tidak, mengapa mereka berada di acara tersebut?

Corporate businessmen

Lebih duluan mendengar daripada berbicara

Dalam bahasa Inggris, istilah “memberi perhatian” diterjemah menjadi “paying attention”, seolah-olah perhatian adalah mata uang yang ditukar. Hal kecil ini masih sangat relevan terhadap cara kita bersosialisasi.

Jika seseorang sedang menceritakan sesuatu yang menarik dan lucu, kita dengan senang hati memberi perhatian kepada orang itu. Kita menukar waktu dan tenaga kita untuk memproses kata-kata orang tersebut, dan sebagai imbalan kita dihibur.

Tapi tahukah Anda bahwa jika Anda lebih duluan memberi perhatian, lebih duluan mendengar cerita orang, lawan bicara Anda kemungkinan besar akan melakukan hal yang sama kepada Anda, meskipun Anda tidak yakin cerita Anda bisa menarik perhatian.

Para psikolog menyebutnya teori pertukaran sosial. Jika Anda dengan ikhlas memberi perhatian kepada lawan bicara Anda, dan sepenuh hati peduli dengan perkataan orang tersebut, dia akan lebih menghargai Anda dan ingin mengenal bisnis Anda.

Anda bisa networking dengan kami

Anda bisa menyewa coworking space dengan murah, tanpa perlu berkomitmen dengan kontrak yang panjang, hanya di Izin Usaha Kantor. Anda pun bisa datang ke coworking space kami pada hari kapan pun, dan coworking space Anda dapat disewa bulanan untuk potongan harga. Kunjungi homepage kami di Izin Usaha Kantor.