Sebelum Memilih Kantor di Jakarta, Pelajari Strategi Berikut Ini!

10 January 2020 | By immadm | Coworking

Salah satu keputusan yang sangat menentukan kesuksesan sebuah bisnis adalah memilih tempat usaha. Pada umumnya, memusatkan kantor di tempat yang ramai dengan harga terjangkau adalah strategis yang baik.

Namun Anda juga harus memikirkan tentang jenis usaha Anda sendiri, yang sebenarnya akan mempengaruhi keputusan mengenai letaknya kantor Anda. Oleh sebab itu mari kita pelajari strategi untuk memilih kantor dalam artikel ini.

1. Anda perlu mengenal lokasi prima untuk jenis usaha Anda

Jenis usaha sangat mempengaruhi letak akhir usaha Anda. Jika perusahaan Anda berupa usaha business-to-business (B2B), Anda hanya perlu memilih lokasi yang nyaman dan terjangkau oleh karyawan Anda.

Pada umumnya, usaha B2B tidak sering menerima tamu atau klien, justru sebaliknya. Tim sales dan marketing Anda akan lebih sering aktif mengunjungi klien, atau menghubungi mereka tidak secara langsung.

Sebaliknya, jika perusahaan Anda menyediakan jasa konsultasi, percetakan, restoran, atau usaha apa pun yang berujung untuk menyediakan pelayanan kepada perorangan (bukan perusahaan), Anda harus memilih lokasi yang ramai, seperti pusat belanja, pertokoan dan ruko, atau kavling di tepi jalan yang luas untuk parkir kendaraan pelanggan.

Business location

2. Duduklah dekat dengan pelanggan Anda

Employee meeting

Pastinya setiap wilayah yang berbeda diduduki oleh masyarakat dengan tingkat ekonomi yang berbeda. Pusat belanja elit pasti akan dipenuhi dengan calon pelanggan dengan tingkat pendapatan yang tinggi, dan akan meminta produk yang lebih berkelas.

Sebelum memilih lokasi usaha, Anda seharusnya sudah melakukan riset pasar dan menentukan segmen pembeli produk Anda. Setelah itu, pilihlah lokasi yang tepat di mana calon pembeli Anda suka berkumpul.

Untuk perusahaan B2B, pilihlah lokasi yang tidak terlalu ramai namun masih bisa mencerminkan kecitraan bisnis Anda. Sebagai contoh, meskipun Anda tidak sering menerima pelanggan layaknya sebuah restoran, kantor Anda harus berlokasi dalam lingkungan yang tertata dan bersih agar nama perusahaan Anda tetap bagus dan terpercaya.

3. Pilihlah kompetitor dengan bijak

Pemikiran yang salah adalah meletakkan perusahaan Anda di tempat sejauh mungkin dari kompetitor Anda. Pasti Anda sudah melihat sebaliknya, di mana bisnis-bisnis yang menawarkan kurang lebih produk yang sama berpusat dalam satu wilayah dan saling berkompetisi.

Kompetitor tidak mengancam keberadaan bisnis Anda asalkan mereka tidak terlalu besar untuk disaingi. Keunggulan berlokasi di wilayah kompetitor adalah mendapatkan kesempatan untuk bisnis Anda menjadi terkenal oleh pasar yang sudah ada.

Office Building in Town

Pada kemungkinan besar, calon pembeli Anda sudah berkerumunan di suatu tempat yang sama. Jika Anda menawarkan produk Anda kepada orang-orang di lokasi tersebut, ada kemungkinan Anda merebut pelanggan kompetitor Anda. Alhasilnya, Anda tidak perlu menghabiskan dana untuk mengiklankan keberadaan usaha Anda.

Jika Anda sedang survey lokasi penempatan kantor, kami dapat membantu Anda. Izin Usaha Kantor menawarkan berbagai macam perkantoran, mulai dari serviced office, virtual office, hingga coworking space bagi Anda yang masih memulai bisnis baru.