Sebelum Memilih Coworking Space, Baca Dulu Tips Ini

27 December 2019 | By immadm | Coworking

Coworking space menjadi pilihan semakin populer dibandingkan dengan kafe atau rumah sendiri untuk dijadikan tempat kegiatan kerja bagi pekerja lepas ataupun perintis usaha. Alasan untuk memilih coworking space sebagai tempat kerja sangat bervariasi, meskipun secara umum harga dan kenyamanan cenderung menjadi alasan utama. Jika Anda masih ragu untuk memilih coworking space yang cocok untuk Anda, baca dulu tips berikut.

#1. Lengkap dengan fasilitas yang sesuai kebutuhan

Kesalahan yang fatal saat seseorang memilih coworking space adalah memprioritaskan kenyamanan. Mereka tidak bermasalah dengan menyewa dengan harga premium asalkan mereka bisa kerja sambil bersantai. Oleh sebab itu, coworking space cenderung bersaing tidak dengan harga tapi dengan kelengkapan fasilitas. Padahal sebagai pekerja lepas dengan penghasilan tidak tetap, apalagi perintis usaha yang belum memiliki pendapatan sedikitpun, menjaga cashflow sangat penting bagi kesehatan finansial.

Anda perlu berpikir secara realistis dan memilih paket coworking space yang mendukung kebutuhan mendasar, seperti koneksi internet cepat dan tempat kerja ber-AC. Sisanya seharusnya menjadi tambahan saja. Contohnya, paket paling dasar Izin Usaha Kantor tidak terlalu fokus kepada kenyamanan yang berlebihan, tetapi menawarkan beberapa jasa khusus seperti penanganan surat menyurat. Ini kebutuhan yang sangat mendasar tapi banyak perintis usaha mengabaikan ini!

Coworking Space in Jakarta
Cowoking Place

#2. Lokasi dan lingkungan sekitarnya

Sebagai perintis usaha, Anda pasti mempunyai tim yang mobile dan fleksibel. Anda mungkin diperlukan untuk bekerja di cabang coworking space yang berbeda dari biasanya. Izin Usaha Kantor muncul di beberapa lokasi strategis. Anda tidak perlu khawatir untuk meminta klien atau partner bertemu di salah satu coworking space kami, karena kami berada di daerah perkantoran elit yang terjangkau dari Jakarta Selatan, Barat, dan Pusat.

Jika Anda memilih coworking space yang terlalu jauh bagi Anda atau tim Anda, waktu akan sia-sia digunakan untuk perjalanan. Terlebihnya, jika coworking space tersebut tidak berada di daerah ramai, jangan harap Anda bisa cepat mampir ke sebuah toko kopi atau convenience store untuk membeli cemilan.

#3. Suasana dan jam kerja mendukung produktivitas

Menurut riset dari developer aplikasi produktivitas di California, pada umumnya otak manusia paling tajam pada pukul 11 pagi, dan dapat bekerja dengan baik di pagi hari. Menjelang pukul 2 (dua jam setelah makan siang pada umumnya), orang mulai mengantuk dan produktivitas cenderung menurun. Anda juga mungkin tipe pekerja yang lebih produktif di malam hari. Sebagai pekerja lepas, manajemen waktu ada di tangan Anda, tidak seperti pegawai di perusahaan pada umumnya.

Coworking space yang Anda pilih harus mendukung jam kerja fleksibel Anda. Selain jam buka dan tutup yang fleksibel, suasana ruang kerja tidak boleh terlalu membuat Anda jenuh. Tim desain Izin Usaha Kantor telah mendirikan konsep tata ruang yang dapat menghilangkan rasa jenuh dan kantuk dengan warna dan pemilihan furnitur yang menyenangkan mata.

Co-working Jakarta Pusat
money monitoring

#4. Harga terjangkau

Paket coworking space Izin Usaha Kantor sangat fleksibel. Artinya, Anda tidak perlu menghabiskan uang untuk menutup biaya fasilitas yang sebenarnya Anda tidak perlukan. Ketika bisnis Anda mencapai produktivitas yang memuaskan dan Anda ingin memperluas usaha Anda, Izin Usaha Kantor dapat menambahkan fasilitas yang dapat meringankan beban kerja Anda dan memperbesar kinerja tim-tim Anda.

Anda tidak perlu pusing untuk mendelegasikan tim-tim Anda untuk mengatur keuangan atau perizinan usaha Anda. Cukup untuk meminta bantuan tim keuangan dan legal Izin Usaha Kantor untuk mengurus pembuatan PT atau CV.

Izin Usaha Kantor adalah brand virtual office, coworking space, serviced office dan konsultan perizinan usaha yang terpercaya. Kami tersebar di daerah komersial populer Jakarta – yang sering disebut Segitiga Emas Jakarta, di daerah antara Jakarta Pusat, Barat, dan Selatan.